Olah Raga yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan

     Di Bagaimana Sih Caranya Menurunkan Berat Badan? saya telah menyebutkan bahwa olahraga mengambil peran penting dalam usaha diet atau penurunan berat badan. Dengan olah raga yang tepat dan rutin, tujuan membuang lemak dalam tubuh pun bisa berlangsung efektif.l
     
     Tapi ternyata selama ini kita mempunyai persepsi yang salah tentang olah raga. Banyak yang beranggapan bahwa jenis olah raga yang cepat membakar lemak adalah olah raga dengan intensitas tinggi dan mengeluarkan banyak keringat seperti lari cepat, bersepeda dengan kencang atau mungkin bulu tangkis berlama-lama.
     
     “Padahal pembakaran lemak yang efektif justru dapat terjadi melalui olah raga berintensitas rendah namun dengan durasi yang cukup lama”, ungkap spesialis nutrisi klinis dan konsultan diet dr. Samuel Oentoro M.S.SpGK. Bisa dengan berjalan kaki santai di atas 30 menit, atau berenang dengan gaya dada pelan-pelan lebih dari ½ jam. Supaya efektif, olah raga ringan ini minimal harus dilakukan lebih dari 30 menit.
     
     Kenapa? Karena saat kita bergerak, tubuh menghabiskan energi dari glukosa (karbohidrat) dalam darah serta cadangan gula yang ada otot dan sel hati (glikogen). Cadangan ini baru akan habis bila Anda bergerak selama 30 menit.
     
     dr. Samuel menjelaskan lebih lanjut. Bila Anda melakukan olah raga ringan di atas 30 menit, kemungkinan besar tubuh akan mengambil energi dari sumber cadangan lain yaitu lemak.
     
     Lalu, apa yang terjadi bila Anda melakukan olah raga berintesitas tinggi dalam waktu lama… Yang justru terjadi bukanlah pembakaran lemak, namun pembakaran protein dari otot. Saat berolah raga berat seperti berlari, tubuh akan menghabiskan cadangan energi yang konstan dan cepat. Sementara sumber energi cadangan ini hanya dapat diperoleh dari protein otot dan bukannya lemak. Lemak tidak akan bisa menyediakannya karena metabolismenya berlangsung lambat. Oleh karena itu, program diet tidak akan efektif dengan berolahraga berat, karena yang dibakar justru bukan lemak.
     
     Jadi, buat Anda yang ingin menurunkan berat badan, lakukanlah olah raga ringan secara teratur di atas 30 menit. Coba deh dilakukan… Pasti lemak-lemaknya hilang. 


Berikut adalah testimonial dari seseorang yang telah berhasil menurunkan berat badannya. Cerita selengkapnya silakan KLIK DISINI 
















Sumber: Kompas



No comments: